PT Delima Jaya Raya
PT Delima Jaya Raya
Canopy Kaca Partisi Kaca Sunlouvre Railling Kaca
PT Delima Jaya Raya

Blog

Jenis - Jenis Kanopi yang Terbaik

Jenis - Jenis Kanopi yang Terbaik

Jenis Jenis Atap Kanopi

Atap kanopi terus mengalami inovasi. Sama halnya dengan jenis material yang ditawarkan di pasaran. Semakin banyak keunggulan yang ditawarkan oleh masing-masing material. Berikut ini merupakan 7 jenis atap kanopi yang umum digunakan:

1. uPVC

Atap uPVC (unplasticized Poly Vinyl Chloride) merupakan salah satu jenis atap PVC yang tidak mengandung unsur aditif pembuat plastik, sehingga produk yang dihasilkan lebih rigid (keras) dan tidak lentur. Atap uPVC terbaik yang populer di kalangan masyarakat adalah Alderon.

Dengan bobot yang ringan, instalasi atap uPVC Alderon menjadi lebih mudah dan praktis. Atap uPVC Alderon tidak mengandung unsur BPA yang membahayakan tubuh, mampu menahan beban hingga 500 kg per meter persegi, serta memiliki ketahanan 90% lebih baik terhadap bahan-bahan kimia.  Ruangan yang berada di bawah perlindungan atap uPVC akan terasa lebih sejuk karena kemampuannya meredam panas. Berbagai kelebihan atap uPVC Alderon akan memberikan perlindungan sempurna bagi Anda dan seisi hunian Anda.  

2. Vinyl

Berbeda dengan material uPVC, atap vinyl merupakan jenis atap PVC yang mengandung unsur aditif atau plastik. Atap vinyl bersifat lebih lentur dan mudah dibentuk karena tidak melalui proses unplasticized. Salah satu vinyl roofing sheet terbaik adalah LaserCool.

Setelah 15 tahun mengalami pengembangan dengan bantuan teknologi terkini dari Australia, kini Lasercool menjadi atap vinyl paling dipercaya.

Tidak hanya bermutu tinggi dan mudah diaplikasikan, atap vinyl Lasercool bebas dari biaya perawatan yang tinggi. 

3. Kanopi

Atap Skylight Transparan Polycarbonate Material polycarbonate banyak dipilih karena memiliki bobot yang ringan dengan durabilitas tinggi. Atap kanopi transparan dengan berbagai kelebihan ini mudah dibentuk dan praktis dari segi pemasangan. Tidak membutuhkan tenaga khusus atau profesional untuk melakukan instalasi atap polycarbonate.

Polycarbonate diformulasikan dan didesain sedemikian rupa sehingga tahan terhadap angin dan perubahan cuaca yang tidak menentu.

Selain itu, dengan kejernihan menyerupai kaca, polycarbonate mampu meredam panas tanpa mengurangi cahaya yang masuk. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan pencahayaan alami. Atap transparan polycarbonate pilihan masyarakat saat ini adalah Twinlite Gen 2.0 dan Solartuff.

4. Fiber

Transparan Terbaik Alsynite Fiber Hampir menyerupai polycarbonate, atap fiber juga salah satu atap transparan yang dapat menjadi solusi pencahayaan natural pada ruangan.

Pada umumnya, atap fiber diaplikasikan pada bangunan yang membutuhkan penyebaran cahaya dengan transmisi panas minimum. 

Atap fiber terbaik yaitu Alsynite. Bagian dalam dan permukaan Alsynite dilengkapi dengan surface coating films yang mampu melindungi keaslian warna sehingga tidak mudah mengalami perubahan warna atau menguning. Daya tahan tinggi mencapai 25 tahun menjadi nilai tambah, sehingga Alsynite banyak dipilih oleh masyarakat.  

6. Spandek

Atap spandek juga memiliki daya tahan tinggi karena terbuat dari campuran aluminium dan seng. Dibandingkan dengan material atap lainnya, atap spandek merupakan yang paling tipis. Secara fisik, atap spandek hampir menyerupai atap uPVC.

Atap spandek juga memiliki bobot yang ringan. Namun, atap spandek cenderung mudah penyok, sehingga perlu berhati-hati ketika melakukan instalasi. 

Menggunakan atap spandek akan membuat ruangan terasa lebih panas karena sifatnya yang tidak meredam panas. Hal ini dapat disiasati dengan menggunakan insulasi tambahan berupa aluminium foil, dengan risiko waktu instalasi lebih lama dan biaya yang lebih besar. Kenyamanan dalam hunian juga akan terganggu ketika terjadi hujan deras, karena atap spandek bukanlah peredam suara yang baik.   

7. Kayu

Menggunakan atap kanopi kayu menjadi salah satu investasi bangunan yang layak Anda coba. Material kayu banyak disukai karena bersifat natural dan memiliki nilai artistik yang tinggi. Aplikasi atap kanopi kayu pada bangunan Anda akan memberikan kesan teduh dan sejuk. 

Selain tampak indah dan artistik, kanopi kayu memiliki ketahanan cukup baik terhadap perubahan cuaca ekstrim, sehingga tidak mudah rusak.

Bagi Anda yang ingin menggunakan atap kanopi kayu, Anda dapat mempertimbangkan beberapa model seperti lumbersering dan pattern. Anda juga dapat menambahkan tanaman rambat hias pada atap kanopi kayu atau memberi tambahan kain.  

8. Kaca

Material atap kanopi kaca banyak digunakan pada rumah minimalis dan umumnya digunakan di luar ruangan seperti teras atau halaman. Menggunakan kanopi kaca akan memberi kesan elegan dan clean look pada bangunan Anda. Namun, sangat disayangkan bahwa material kaca rentan pecah. Sama halnya dengan polycarbonate, atap kanopi kaca cocok bagi Anda yang menginginkan pencahayaan alami. Perbedaannya terletak pada proses pemasangan kaca yang lebih sulit, membutuhkan waktu lebih lama, dan harus dilakukan ekstra hati-hati.